.quickedit { display:none; }

Selasa, 12 Oktober 2010

Nama-nama istilah ekonomi

Nama-nama istilah di ekonomi antara lain :
1. Distributor adalah pedagang yang membeli atau mendapatkan produk barang dagangan dari tangan pertama atau produsen secara langsung. Pedagang besar biasanya diberikan hak wewenang wilayah / daerah tertentu dari produsen. Contoh dari agen tunggal adalah seperti ATPM atau singkatan dari agen tunggal pemegang merek untuk produk mobil.
2. Agen adalah pedagang yang membeli atau mendapatkan barang dagangannya dari distributor atau agen tunggal yang biasanya akan diberi daerah kekuasaan penjualan / perdagangan tertentu yang lebih kecil dari daerah kekuasaan distributor. Contoh seperti pedagang grosir beras di pasar induk kramat jati.
3. Importir adalah perusahaan yang memiliki fungsi menyalurkan barang dari luar negeri ke negaranya. Contoh seperti import jeruk lokam dari Cina ke Indonesia.
4. Exportir adalah perusahaan yang memiliki fungsi menyalurkan barang dari dalam negara ke negara lain. Contoh seperti ekspor produk kerajinan ukiran dan pasir laut ke luar negeri.
5. Break Even point atau BEP adalah suatu analisis untuk menentukan dan mencari jumlah barang atau jasa yang harus dijual kepada konsumen pada harga tertentu untuk menutupi biaya-biaya yang timbul serta mendapatkan keuntungan / profit.
6. Pihak Dalam Pihak Dalam atau Insider adalah pejabat, pemegang saham, direktur, dsb yang bisa mendapatkan informasi kegiatan dan kondisi operasional suatu perusahaan tertentu.
7. Harga Penawaran adalah harga jual saham biasa yang ditawarkan kepada masyarakat umum.
8. Bursa Utama adalah suatu tempat resmi dan legal untuk perdagangan sekuritas yang telah terdaftar. Contohnya adalah Bursa Efek Surabaya / BES dan Bursa Efek Jakarta / BEJ yang menggabungkan diri.
9. Bursa Paralel adalah jaringan dealer yang mengurus perdagangan sekuritas yang belum terdaftar secara resmi.
10.Biaya Emisi adalah biaya yang dikenakan atas penerbitan obligasi atau saham baru.
11. Inflasi adalah suatu keadaan di mana harga barang-barang secara umum mengalami kenaikan dan berlangsung dalam waktu yang lama terus-menerus. Harga barang yang ada mengalami kenaikan nilai dari waktu-waktu sebelumnya dan berlaku di mana-mana dan dalam rentang waktu yang cukup lama
12. bank adalah suatu badan usaha yang memiliki wewenang dan fungsi untuk untuk menghimpun dana masyarakat umum untuk disalurkan kepada yang memerlukan dana tersebut.
13. devisa adalah semua benda yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional.
14. Devisa umum, yaitu devisa yang didapat dari kegiatan ekspor, penjualan jasa serta bunga modal.
15. Devisa kredit, yakni adalah devisa yang diperoleh dari kredit pinjaman luar negeri.
16.Harta adalah benda baik yang memiliki wujud maupun yang semu yang dimiliki oleh perusahaan.
17.Harta Investasi / Investment Assets adalah harta yang diinvestasikan pada produk-produk investasi untuk mendapatkan keuntungan.

18.Harta Tak Berwujud / Intangible Assets adalah harta yang tidak memiliki bentuk tetapi sah dimiliki perusahaan dan dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

19. Harta Tetap / Fixed Assets adalah harta yang menunjang kegiatan operasional perusahaan yang sifatnya permanen kepemilikannya.
20. Hutang adalah kewajiban perusahaan pada pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang pada umumnya dalah pembayaran uang, penyerahan barang maupun jasa pada waktu-waktu tertentu.

21. Hutang Lancar / Current Liabilitie adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam tempo satu tahun.

22. Hutang Jangka Panjang / Long-Term Liabilities adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari setahun.

23. Hutang lain-lain / Other Payable Perkiraan atau akun ini digunakan untuk mencatat hutang lain yang tidak termasuk pada hutang lancar dan hutang jangka panjang.
24. Aktiva sumber alam (wasting assets) adalah aktiva yang berasal dari alam yang berkurang atau habis karena penambangan atau pengambilan dan penggantiannya hanya dapat dilakukan oleh proses alam yang memerlukan waktu yang sangat lama.
25. hUtang obligasi merupakan salah satu jenis utang jangka panjang. Bunga yang dibayarkan dilakukan secara periodik.
26. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
27. Barang jadi adalah barang yang langsung dikonsumsi dan bukan dipergunakan untuk produksi barang lain
28.Barang konsumen adalah barang jadi yang secara spesifik ditujukan untuk pasar massal.
29. Barang produksi atau barang manufaktur adalah barang yang telah diproses dengan suatu cara.
30.Barang ekonomi adalah benda yang jumlahnya terbatas dan uantuk mendapatkannya memerlukan pengorbanan
31. Barang atau benda ekonomi yang tidak berwujud merupakan sesuatu
yang dapat dirasakan dan cara mendapatkannya memerlukan pengorbanan.
32. Barang bebas adalah barang yang jumlahnya tidak terbatas dan untuk mendapatkannya tidak memerlukan pengorbanan.
33. Barang illith adalah barng atau benda yang jumlahnya berlebihan
34.Barang substitusi adalah barang yang dalam pemakaiannya dapat saling menggantikan
35. Barang komplementer atau pelengkap yaitu barang yang penggunaannya dapat saling melengkapi.
36. Barang bergerak adalah barang yang dipergunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan
kredit atau pinjaman jangka pendek, misalnya kendarann dan perhiasan
37. Barang tidak bergerak adalah barang yang dipergunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan
kredit jang
38. Barang Tahan lama (durable goods)adalah barang-barang yang secara normal dapat dipakai berkali-kali, jadi dapat dipakai untuk jangka waktu yang relative lama.

39. Barang Tidak Tahan Lama (non durable goods) adalah barang-barang yang secara normal hanya dipakai satu kali atau beberapa kali saja, artinya sekali barang itu dipakai akan habis, rusak, atau tidak dapat dipakai lagi.ka panjang, Misalnya tanah dan rumah.
40. barang Konvenien (convenience Goods) Barang yang mudah dipakai, membelinya dapat disembarang tempat dan pada setiap waktu.
41. Barang Shopping (shopping Goods) Barang yang harus dibeli dengan mencari dahulu dan di dalam membelinya harus dipertimbangkan masak-masak. Misalnya dengan membandingkan mutu, harga, kemasan, dsb.
42. Barang special :Barang yang mempunyai cirri khas dan hanya dapat dibeli di tempat tertentu saja.
43. Barang Industri :Barang-barang yag di beli untuk proses lagi/untuk kepentingan dalam industry baik secara langsung atau tidak langsung dipakai proses produksi.

44. Bahan baku merupakan bahan pokok untuk membuat barang lain.
45. Biaya Pemasaran, adalah biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk.
46. Biaya Administrasi dan Umum, yaitu biaya-biaya untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan produksi dan pemasaran produk.
47. Biaya Langsung (direct cost), merupakan biaya yang terjadi dimana penyebab satu-satunya adalah karena ada sesuatu yang harus dibiayai.
48. Biaya Tidak Langsung (indirect cost), biaya yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai, dalam hubungannya dengan produk, biaya tidak langsung dikenal dengan biaya overhead pabrik.
49. biaya (cost) adalah jumlah uang yang dinyatakan dan sumber-sumber (ekonomi) yang dikorbankan terjadi dan akan terjadi untuk rnendapatkan
50. Biaya terkendalikan adalah biaya yang secara langsung dapat dipengaruhi oleh seorang pimpinan tertentu dalam jangka waktu tertentu.

51. Biaya tidak terkendalikan adalah biaya yang tidak dapat dipengaruhi oleh seorang pimpinan/pejabat tertentu berdasar wewenang yang dia miliki atau tidak dapat dipengaruhi oleh seorang pejabat dalam jangka waktu tertentu.;

52. Biaya relevan Adalah biaya yang akan mempengaruhi pengambilan keputusan, oleh karena itu biaya tersebut harus diperhitungkan di dalam pengambilan keputusan.

53. Biava tidak relevan adalah biaya yang tidak mempengaruhi pengambilan keputusan, oleh karena itu biaya ini tidak perlu diperhitungkan atau dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan.sesuatu atau mencapai tujuan tertentu
54. Bahan dasar langsung, yaitu bahan yang menjadi bagian menyeluruh dariproduk jadi.

55. Bahan dasar tak langsung, yaitu merupakan bahan dasar (material) yangdigunakan untuk membuat produk, tetapi jumlahnya sangat kecil, danbukan merupakan bagian menyeluruh dari produk jadi.
56. Bisnis Ekstraktif adalah bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan atau menggali bahan-bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi.
57. Binis Agraris adalah bisnis yang bergerak di bidang pertanian (termasuk pula pertanian, peternakan dan perunggasan), perkebunan serta kehutanan.

58. Bisnis Industri adalah bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing
59. Bisnis Jasa adalah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk-produk yang tidak berujud
60. Giro Adalah simpanan yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan penarikannya dapat dilakukan setiap saat

61. Deposito berjangka yaitu simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpan dengan bank yang bersangkutan.

62. Bilyet Giro adalah surat perintah dari nasabah kepada bank penyimpan dana untuk melakukan pemindahbukuan sejumlah dana dari rekening yang bersangkutan kepada rekening pemegang yang disebutkan namanya.
63. Cek adalah surat perintah tidak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu.
64. Draft/wesel adalah merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh satu bank dan berisi perintah tidak bersyarat dari Bank penerbit kepada bank lain untuk membayar sejumlah dana kepada pihak yang namanya tercantum pada wesel /Draft.
65. Endorsement adalah Penyerahan satu surat berharga atas unjuk oleh seorang kepada pihak lain, dengan disertai pernyataan pengalihan haknya atas surat tersebut.
66. bursa efek adalah suatu system convenant yang terorganisir dengan mekanisme resmi untuk mempertemukan penjual efek (pihak deficit dana) dengan pembeli efek (pihak yang surplus dana) secara langsung atau meBuku besar adalah alat yang digunakan untuk untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu perkiraan tertentu yang disebabkan oleh adanya transaksi keuangan.
67. Bunga adalah sejumlah uang yang dibayar atau untuk penggunaan modal. Jumlah tersebut misalnya dinyatakan dengan satu tingkat atau prosentase modal yang bersangkut paut dengan itu yang dinamakan suku bunga modal.
68. Broker Merupakan perantara yang fungsi utamanya adalah mempertemukan penjual dan pembeli serta membantu kelancaran proses negosiasi.
69. deflasi didefinisikan sebagai meningkatnya permintaan terhadap uang berdasarkan jumlah uang yang berada di masyarakat
70. inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu)
71. Dividen merupakan bagian laba yang diperoleh pemegang saham atau pemegang polis asuransi atau pembagian sisa hasil usaha koperasi yang diperoleh anggota koperasi.
72. iferensiasi produk adalah kegiatan memodifikasi produk agar menjadi lebih menarik.
diferensiasi adalah sebagai berikut : “Semua upaya yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan perbedaan diantara pesaing dengan tujuan memberikan nilai yang terbaik untuk konsumen“.
73. Diversifikasi Produk adalah upaya yang dilakukan pengusaha/produsen/perusahaan untuk mengusahakan atau memasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk yang sudah dipasarkan sebelumnya.
74. Kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain disebut ekspor, sedangkan kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain disebut impor. Devisa merupakan masuknya uang asing kenegara kita dapat digunakan untuk membayar pembelian atas impor dan jasa dari luar negeri.
75. Barang Modal adalah barang yang digunakan untuk modal usaha
76. Elastisitas merupakan salah satu konsep penting untuk memahami beragam permasalahandi bidang ekonomi.
77. Ekuitas adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban.
78. Garansi adalah proses dan prosedur penggantian barang yang dimaksudkan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas mutu dan kwalitas dari barang yang dibeli.
79. Arti InElastis sempurna menurut teori ekonomi…. Dimana kebergantungan kita terhadap suatu barang teramat sangat, sehingga sulitnya mencari barang subsitusi…
80. Jurnal adalah alat untuk mencatat transaksi-transaksi yang terjadi diperusahaan yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urut waktu terjadinya) dengan menunjukan rekening yang harus didebet dan dikredit beserta jumlah rupiahnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar